ATLAS


ATLAS
Atlas adalah kumpulan peta dalam bentuk buku dan disusun secara sistematis.
~ Komponen Atlas:
  • Judul atlas : judul mencerminkan isi atlas.
  • Tahun Pembuatan atlas 
  • Legenda : yaitu kolom keterangan dari simbol-simbol yang terdapat di peta.
  • Daftar isi : merupakan petunjuk isi atlas secara urut dari tiap-tiap judul peta yang di muat dalam atlas
  • indeks : indeks dibuat untuk memudahkan mencari nama tempat dalam atlas karena di lengkapi dengan nomor halaman, kolom dan baris, serta disusun berdasarkan abjad.daftar indeks yaitu daftar nama geografi yang ada pada atlas seperti nama sungai, kota, gunung dan lain-lain. Berikut adalah contoh daftar indeks pada peta.a. Bandung, Jawa Barat B318 artinya, KotaBandung terletak di Provinsi Jawa Barat pada atlas halaman 18 baris 3 kolom D. Jika kalian akan mencari Kota Bandung pada indeks, maka carilah kelompok kota yang berabjad B. Cianjur, Jawa Barat C319, artinya Kota Cianjur terletak di Propinsi Jawa Barat pada atlas halaman 19 baris 3 kolom C.
~ Jenis Atlas :
1. Berdasarkan Wilayah
>. Atlas Semesta : atlas yang di buat untuk menyajikan informasi keadaan alam semesta kaitanya dengan peta langit, rasi bintang, galaksi, atau susunan tata surya.
>. Atlas dunia ; atlas yang dibuat untuk menggambarkan keadaan dunia seutuhnya yang mencangkup benua, samudra, laut, pulau, atau kepulauan.
>.Atlas nasional : atlas yang berisikan peta-peta yang berorientasi pada negara pembuatnya, contohnya atlas indonesia berisi tentang semua wilayah indonesia.
>.Atlas regional : atlas yang menggambarkan aspek ke khususan bagian suatu negara.
>.Atlas kota ; atlas yang memuat tentang kota-kota

2. Berdasarkan isi
>. Atlas umum: atlas yang berisi peta-peta topografi atau peta umum yang menyajikan data bersifat umum dan memuat semua aspek geografi.
>. Atlas tematik : Atlas yang berisi peta-peta tematik.

Komentar

Postingan Populer