I. KOMPONEN EKOSISTEM

EKOSISTEM

I. KOMPONEN EKOSISTEM

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup  dengan komponen abiotiknya dalam satu kesatuan tempat hidup. Jadi komponen ekosistem ada dua,  yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda tak hidup).

Komponen biotik ekosistem terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Berdasarkan fungsinya dalam ekosistem, komponen biotik ini dibedakan menjadi  :

PRODUSEN, merupakan sekelompok organisme yang dapat membuat makanan sendiri. Contohnya adalah tumbuhan hijau  yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis.

KONSUMEN,  merupakan organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga tergantung pada organisme lain. Konsumen dibedakan menjadi

-          Konsumen tingkat I, yaitu organisme yang memakan produsen.

-          Konsumen tingkat II, yaitu organisme yang memakan konsumen tingkat I.

-          Konsumen tingkat III, yaitu organisme yang memakan konsumen tingkat II dan seterusnya.

Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibedakan  menjadi :

-          Herbivora (hewan pemakan tumbuhan)

-          Karnivora (hewan pemakan daging)

-          Omnivora (hewan pemakan segala)

PENGURAI  (DEKOMPOSER), merupakan makhluk hidup yang menguraikan  zat-zat organic pada sampah atau makhluk hidup lain yang telah mati.

Komponen abiotic terdiri dari semua benda tak hidup  yang berada di sekitar makhluk hidup.  Contohnya : air,  tanah, udara, cahaya matahari, suhu dan kelembaban.

Komentar

Postingan Populer